Rabu, 31 Desember 2014

Banyak Tabungan, Biaya Administrasi Murah

Tahun lalu saya punya 3 rekening tabungan (BRI, Mandiri, BCA) dengan total biaya adminsitrasi bulanan Rp35.500.
Saat ini saya punya 6 tabungan (BRI, Mandiri, BCA, BRI Syariah, BNI Syariah, CIMB Niaga Syariah) *banyak bener nih* dengan total biaya administrasi bulanan cuma Rp14.000.
Kok bisa???
Tabungan maksimal dengan saldo minimal :(
Bingung? Tabungan segitu banyak dan seabreg kok biaya administrasi bulanannya murah banget? Ini rinciannya:
Nah, percaya khan... Berarti total biaya administrasi bulanan yang sekarang hampir sama kayak biaya adm Tahapan BCA saja (13 ribu). Ini rinciannya satu per satu:

              

Ini tabungan saya yang sebenarnya karena gaji ditransfer lewat bank BRI. Awalnya pakai Tabungan Britama karena sok kaya terpengaruh oleh rayuan promosi CS bahwa Britama punya banyak kelebihan (bisa debit, tarik tunai di luar negeri jaringan Cirrus, dll) dengan biaya administrasi bulanan Rp12.000. Okelah saya pakai Britama. Bahkan pakai Britama ini sejak tahun 2008 ketika gaji udah ditransfer lewat BRI. Baru ketika pindah ke Jogja (pegawai tugas belajar), gajiku ditransfer lewat kantor pusat, saya ganti rekening. Baca-baca di internet, ada dua jenis tabungan di BRI, Britama dan Simpedes, bedanya tipis saja. Simpedes cuma gak bisa debit di EDC bank lain dan gak bisa tarik tunai di luar negeri, sementara Britama bisa. Itu saja. Akhirnya dengan mantap membuka rekening Tabungan Simpedes dengan biaya bulanan separuh dari Britama, yaitu cuma Rp6.000, di samping jarang menggunakan untuk debit.
                                       
Punya Tabungan Mandiri sejak mulai kuliah tahun 2002. Terakhir kali biaya administrasi bulanannya Rp10.500 (tabungan Rp9.000, kartu ATM Rp1.500). Ketika baca berita ada jenis TabunganMU (Mitra Usaha) dengan setoran awal Rp50.000 dan biaya administrasi bulanan Rp3.000, akhirnya tertarik untuk buka rekening. Dan rekening lama ditutup, soalnya rekening itu jadi rekening transfer untuk beasiswa. Khawatirnya pihak beasiswa mentransfer ke situ, sementara tabungannya sudah dibuang karena gak terpakai lagi. Buka rekening Tabungan Mitra Usaha ini bisa di semua cabang Mandiri, termasuk di cabang Mandiri Mitra Usaha (yang kantornya lebih kecil). Kartu ATMnya ada gambar celengan ayam (saya udah googling tapi gak ketemu, makanya gak ditampilkan di gambar; atau bisa dilihat di gambar pertama di atas).
*belum ada link resmi di website Bank Mandiri tentang TabunganMU ini

                            

Kenapa punya tabungan BCA? Karena tabungan BCA punya kelebihan utama ada fasilitas ATM setoran tunai di tiap cabangnya, jadi bisa setor di luar jam kerja (sore atau malam hari). Bank Mandiri dan BNI punya, tapi tak sebanyak BCA, plus sering error ATM setorannya. Sebelumnya pakai rekening jenis Tahapan BCA (setoran awal Rp500.000, biaya administrasi bulanan Rp13.000) kemudian beralih ke tabungan Xpresi (setoran awal Rp50.000, biaya administrasi bulanannya Rp5.000). Tabungan Xpresi ini tidak ada buku tabungan, tapi ada fasilitas internet banking untuk cek saldo & cek mutasi rekening (justru malah praktis). Praktis karena kalau hilang, bisa ganti kartu ATM di cabang manapun hanya dengan menunjukkan identitas diri (KTP).
                      
Ini tabungan yang paling murah, namanya Tabungan Faedah. Setoran awal cuma Rp50.000 dan tidak ada biaya administrasi bulanan. Penarikan tunai di ATM bank lain dan transfer beda bank tidak kena biaya, dengan syarat saldo sebelum penarikan/transfer lebih dari Rp500.000. Jadinya malah sering transfer antar bank dengan tabungan ini karena gratis biaya alias free.
Saya pakai rekening BRI Syariah karena untuk pembayaran KPR. Oh iya, berdasarkan hitung-hitungan kredit (KPR, KPM), BRI Syariah ini termasuk paling murah, dibanding BNI Syariah, Mandiri Syariah, atau Bank Muamalat. 

Buka rekening di BNI Syariah karena istri pakai tabungan BNI juga. Awalnya istri punya tabungan konvensional, tapi setelah saya bujuk supaya beralih ke syariah (Tabungan Hasanah) demi penghematan, akhirnya mau. Setoran awal Rp100.000 dan tidak ada biaya administrasi bulanan (untuk akad wadiah). Untuk akad mudharabah kena Rp5.000/bulan. Saya pakai yang wadiah. Tabungan syariah ini masih satu jenis dengan BNI konvensional, jd kalo transfer BNI Syariah ke BNI tidak kena biaya (free) karena nomor kode transfer sama-sama 009.

Pada mulanya gak kepikiran untuk buka rekening di bank ini. Kebetulan ada kondangan di tempat saudara ipar di Batam, terus ada rencana untuk ke luar negeri (Singapore & Malaysia) pada bulan Desember, akhirnya buka rekening Tabungan iB X-tra. CS memberitahukan bahwa penarikan tunai di ATM CIMB Goup (Singapore & Malaysia) tidak kena biaya. Dan ternyata benar, ini buktinya:
 
Transaksi yang di dalam kotak itu adalah penarikan tunai di ATM CIMB Bank di Singapore & Malaysia. Nilai dollar Singapore dan Ringgit Malaysia langsung dikonversi ke rupiah. Dan tanpa biaya administrasi/charge penarikan (free).

Dari gambaran di atas, sebenarnya yang dibutuhkan itu saldo tabungannya saja *hiks hiks*, tetapi karena ada banyak keperluan & kepentingan, jadinya punya rekening di beberapa bank. Paling penting itu kalau untuk transfer, beda bank bakal kena biaya transfer Rp7.500, lumayan khan kalo bagi yang sering transfer. Perlu juga selektif untuk memilih jenis tabungan di tiap bank. Satu bank biasanya punya minimal 2 jenis tabungan yang berbeda. Boleh jadi yang dibutuhkan cuma untuk tarik tunai dan transfer. Anda bisa selektif tergantung kebutuhan yang sebenarnya, jangan hanya melihat banyaknya fasilitas yang diberikan dalam tabungan tersebut.

Jadi, tunggu apalagi... Beralihlah ke tabungan yang biaya administrasinya murah.

Irit beb :)

UPDATE:
Saat ini Tabungan Faedah BRI Syariah untuk transfer/tarik tunai beda bank dikenakan biaya administrasi 50% dari tarif normal. Kalo biaya transfer normal 6.500, maka jadinya kena 3.250.
Untuk Tabungan Mandiri Mitra Usaha dikenakan biaya administrasi (pinalti) sebesar Rp5.000 jika saldo pada akhir bulan kurang dari Rp 1 juta. Kalo sejuta/lebih, malah gratis.
Tabungan iB X-tra Bank CIMB Niaga Syariah dikenakan biaya administrasi bulanan sebesar Rp12.500 jika saldo rata-rata harian dlm 1 bulan kurang dari Rp100.000. Lebih dari itu tetap gratis.
Jadi, yang tidak ada syarat minimal saldo dan tetap gratis cuma Tabungan Hasanah BNI Syariah (akad wadiah).
banner
Previous Post
Next Post

4 komentar:

  1. Gan, beda fasilitas mandiri tabungan rupiah dan mandiri tabunganmu apa saja?

    BalasHapus
  2. Siiip, info sangat. Bermanfaat ... Thanks gan

    BalasHapus
  3. Tadi habis tanya gan, mau sekedar tambahin info aje gan
    1. Simpedes : Bisa kita mintakan pake kartu BRI Card Classic (kartu debit yg warna hijau itu). Cuma, adminnya aja yg beda. Kl pake yg biru Simpedes gambar Indonesia itu kenanya 5.500 + 750, nah kl pake yg Classic kenanya jadi 5.500 + 1.500 gan
    2. Tabungan MU : Tadi ke kantor MMU dan lihat2, bisa kok itu pake mandiri debit yg biasa gan, cuma ya ngikutin adminnya, 3.000 + admin mandiri debitnya gan :D

    CMIIW ya :)

    BalasHapus
  4. Mantap sekali punya beberapa rekening di beda bank setidaknya bisa menghemat administrasi transfer antar bank.

    BalasHapus